Manfaat Fitur TikTok Analytics untuk Bisnis

TikTok analytics

Strategi marketing menggunakan TikTok memang masih terbilang baru. Namun, siapa sangka jika sangat besar potensinya. Oleh karena itu, tidak heran jika kini banyak pebisnis online yang mulai merambah TikTok sebagai media promosi bisnisnya. Sebagai pelaku bisnis, memaksimalkan penggunaan TikTok analytics tentu sangat penting. Pasalnya, fitur yang satu ini dapat memberikan banyak informasi yang berguna untuk meningkatkan branding atau engagement. Lalu, apa saja manfaat fitur tersebut?

Mengenal Fitur TikTok Analytics

Sebagai salah satu aplikasi yang tengah naik daun, TikTok banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk memasarkan sebuah brand. Sebagai pemasar, sangat penting bagi Anda untuk mengenal analisis TikTok. Pasalnya, memahami analisis TikTok menjadi salah satu kunci kesuksesan brand bisnis Anda.

TikTok analytics merupakan sebuah fasilitas yang disediakan oleh aplikasi TikTok bagi semua pengguna. Melalui fitur ini, kita bisa menganalisis kinerja akun secara keseluruhan. Terdapat tiga kategori yang disajikan pada dasbor analisis TikTok. Diantaranya adalah ringkasan profil, insight konten, serta insight pengikut.

Inilah Fitur TikTok Analytics dan Fungsinya

  1. Ringkasan Profil

TikTok akan membantu Anda untuk mengukur profil pada 7 dan 28 hari terakhir. Namun, data profil TikTok Anda juga bisa dilacak setiap hari. Dengan begitu, maka sangat mudah bagi Anda untuk melihat serta menguraikan konten video mana yang memberikan kontribusi paling besar terhadap pertumbuhan akun TikTok Anda.

Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi terkait jenis konten seperti apa yang disukai oleh orang-orang. Informasi terkait kapan waktu mereka mulai mengikuti akun TikTok Anda juga akan ditampilkan oleh fitur ini. Informasi ini sangat penting untuk mengetahui apakah video yang Anda bagikan cukup relevan dengan mereka atau tidak.

  1. Insight Audiens

TikTok analytics juga akan memberikan data atau informasi tentang siapa pengikut Anda. Analisis TikTok tersebut akan menampilkan persentase pemirsa video TikTok Anda berdasarkan gender dan lokasi. Informasi ini disajikan dalam bentuk diagram lingkaran serta diagram garis standar. Dengan mengetahui siapa pengikut Anda, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat konten video yang sesuai dengan apa yang mereka sukai.

  1. Insight Konten

Pada bagian ini, data terkait konten yang sudah Anda bagikan akan disajikan. Misalnya data berupa jumlah total penayangan pada setiap video yang dibagikan pada seminggu terakhir. Bukan hanya itu saja, fitur ini juga menyajikan tab ‘Untuk Kamu’ yang isinya berupa video-video trend lengkap dengan jumlah penayangannya. Fitur ini bermanfaat untuk memberikan gambaran jenis video apa saja yang saat ini paling popular di platform TikTok.

Analisis konten juga bisa menggali informasi lebih jauh mengenai kinerja postingan Anda. Fitur ini menawarkan kemampuan dalam melacak data yang lebih lengkap dan spesifik. Beberapa diantaranya adalah total komentar, total suka, total dibagikan, total waktu putar video, wilayah audiens, waktu menonton rata-rata, dan total penayangan video. Dengan kemampuan tersebut, maka Anda bisa mengetahui video apa saja yang mendapatkan reaksi paling banyak dari pengguna TikTok lainnya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan TikTok analytics. Dengan melakukan analisis TikTok, maka Anda bisa lebih mudah memonitor perkembangan akun TikTok Anda. Selain itu, Anda juga bisa lebih mudah mengetahui jenis konten video seperti apa saja yang paling relevan dan banyak disukai oleh para followers. Dengan begitu, maka engagement akun TikTok Anda akan semakin meningkat.